“ Kartu Kredit Merugikan Karena Bikin Kita Berutang! ” Loh Kok Masih Ngeyel?

Masih percaya kata orang-orang kalau kartu kredit merugikan? Bikin kamu terlilit utang, bikin jadi incaran debt collector dan segala macam kabar burung lainnya?

 

Kartu kredit itu bikin kamu terlilit utang sama persis seperti pisau dapur bikin tanganmu teriris. Kamulah yang bertanggung jawab untuk membuat alat pembayaran tersebut membantu keuanganmu atau malah menjatuhkan.

 

Kartu kredit menurut definisi BI adalah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

 

Kartu kredit bekerja dengan sistem utang, yaitu membiarkan kamu membeli apapun yang kamu mau menggunakan kartu kredit dengan batas yang sudah ditentukan bank. Kemudian nantinya ditagihkan balik ke kamu sejumlah yang kamu belanjakan.

 

Jadi intinya, cara kerja kartu kredit adalah ‘nalangin’. Artinya, transaksi apapun yang kamu lakukan dengan kartu kredit akan dibayar (dulu) oleh bank. Selama jumlah transaksi tersebut belum melewati limit kartu kreditmu, kamu bisa terus menggunakan kartu tersebut tersebut tanpa kena over limit fee.

 

Nanti pada tanggal turunnya tagihan, semua transaksimu akan ditagihkan balik ke kamu dengan jumlah sama. Dan kamu pun bisa membayar persis seperti apa yang kamu beli tanpa tambahan bunga sama sekali, asal kamu membayar tepat waktu.

 

Meskipun memang menggunakan metode utang, kamu harus ingat kalau kartu kredit itu adalah alat pembayaran, bukan alat utang. Apapun metodenya, kalau kamu belanja menggunakan uang yang kamu ga punya, ya namanya menjatuhkan diri sendiri.

 

Berbelanja di luar kemampuan itu kan kesalahanmu sendiri, bukan bank. Bank hanya memberikan media. Kalau kamu bergantung pada orang lain untuk menjauhkan kamu dari hal yang ga bisa kamu kendalikan, mending balik makan bangku TK deh.

Masih Ngeyel? Ini Keuntungan Kartu Kredit Pertama

Contoh, Ibu Yuli sedang berbelanja bulanan di supermarket. Dia ga mau pakai kartu kredit karena menurut dia, kalau ga punya uang ya jangan belanja.

empty-wallet

Ga punya duit. Berarti ga perlu makan sampai gajian selanjutnya.

 

Padahal kalau dia mau pintar sedikit, dia bisa sisihkan uang di rekening debit dan membayar dengan kartu kredit. Jadinya sama saja dong, kan tetap dibayar juga. Bedanya, Ibu Yuli jadi dapat point reward karena menggunakan kartu kredit.

 

Kenapa musti bayar pakai kartu kredit? Ya soalnya bisa dapat point reward, cashback, atau promo-promo kartu kredit lainnya. [Baca: Kenali Manfaat Kartu Kreditmu: Point Reward vs Cash Back]

 

Takut sama bunga? Ya makanya uang yang tadi Ibu Yuli pakai untuk bayar belanjaan harusnya disimpan. Jadi waktu tagihan turun, uang tadi dipakai untuk bayar lunas. Bebas dari bunga deh!

Coba tekankan sekali lagi, kartu kredit itu menguntungkan bila kamu tidak menggunakan kartu tersebut di luar daya belimu. Dan tentu saja, membayar tagihanmu tepat waktu.

Menguntungkan yang dimaksud disini artinya, bayar belanjaan yang bukan sekedar menghabiskan uang, tapi dapat ‘hadiah’ juga.

 

Cara mudahnya, setiap kali kamu menggunakan kartu kreditmu, sisihkan juga uang dengan jumlah yang sama. Jadi, bisa menghindari kasus ‘belanja diluar daya beli’ yang menakutkan itu.

Belum Percaya Juga? Ini Keuntungan Kartu Kredit Kedua

Lagipula, memangnya kamu yakin semua pengeluaranmu terjadi barengan sama tanggal gajian? Terus bagaimana kalau ada pengeluaran yang harus kamu bayar dan mampu kamu bayar tapi ga bisa. Ya mungkin karena sudah di tanggal habisnya uangmu, alias ga ada duit lagi?

Yang ada malah kalang kabut cari pinjaman. Salah-salah berakhir di rentenir sekitar. [Baca: Saking Kebelet Dapat Pinjaman Dana, Malah Kejebak Rentenir]

 

Bayangkan kalau kamu menerima gaji tanggal 1 setiap awal bulan. Kamu sudah rencanakan semua kebutuhanmu selama sebulan. Dengan semua kebutuhan sudah terbeli, uangmu habis satu minggu sebelum gajian. Kemudian 3 hari sebelum gajian, motormu rusak.

 

Kalau kamu punya kartu kredit, ga perlu bingung. Kalau ga punya? Ya muter-muter deh cari pinjaman uang.

Lalu Kenapa Kartu Kredit Masih Dibilang Kartu Setan?

Tapi ya perlu ditekankan, untuk menggunakan kartu kredit dengan benar maka kamu perlu memahami penggunaannya dengan benar juga. Itu berarti paham syarat dan ketentuan, paham batasan dan meneliti tagihan yang datang.

 

[Baca: Tagihan Bulanan Kartu Kredit: Angka-Angka Itu Maksudnya Apa Sih?]

 

Dan yang selalu jadi sumber masalah semua pemegang kartu kredit, yaitu kebiasaan bayar tagihan minimum. Untuk orang dengan pola pikir pendek, hal buruk ini bisa kelihatan bagus.

 

“Wah pake kartu kredit sampe mentok limit 10 juta, bisa cuma bayar 100 ribu, enak banget!”

 

Sembarangan. Dengan membayar minimum tagihan berarti sisa tagihanmu ada Rp 9,9 juta. Dan tagihan tidak terbayar tersebut akan terus memanen bunga yang ga akan berhenti sampai kamu lunasi. Bukannya lunas, malah tenggelam di lautan utang.

07_credit_2015031207

Blup… Blup… Blup…

 

Jadi kalau bayar minimum tagihan kartu kredit dan masih terus dipakai habis habisan? Mending sekalian pasang papan pengumuman yang besar depan rumah, tulisannya “Debt collector silahkan datang! Punching bag gratis!”

 

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

Stigma kartu kredit itu hanya mendatangkan masalah itu sudah harus dihilangkan.  Meski begitu ga dipungkiri, terkadang ada juga kesalahan dari pihak bank seperti biaya tak terduga. Di sinilah pentingnya memahami kartu kredit dengan benar dan meneliti tagihan. Jadi kamu bisa langsung komplain ke bank.

 

Mereka pun pasti akan melayani kamu sebagai nasabah mereka. Kalau ga dilayani, adukan saja ke pihak yang berwenang.

[Baca: 4 Strategi Pintar dan Ampuh Untuk Komplain Pelayanan Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya]

 

Dengan menjauhkan diri dari kartu kredit, kamu juga ga mendapat reward yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut. Jika keuangan ga diatur dengan baik, dengan atau tanpa kartu kredit, ya akan tetap berantakan.

sumber : https://blog.duitpintar.com/kartu-kredit-merugikan-karena-bikin-kita-berutang-loh-kok-masih-ngeyel-2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s