apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kartu kredit

Memilih Kartu Kredit

Saat ini, para konsumen dihadapkan dengan pilihan berbagai jenis kartu kredit – kartu kredit dengan suku bunga rendah, kartu platinum atau bebas biaya tahunan, dll.

Bagaimana Anda memilih mana kartu yang tepat? Yang terpenting adalah perhatikan dampak kartu kredit terhadap kesehatan keuangan Anda sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Perhatikan hal-hal ini dahulu:

  • Apakah Anda membayar penuh tagihan anda tiap bulannya?

    Banyak konsumen memilih untuk melunasi tagihan kartu kreditnya tiap bulan. Mereka menggunakan kartu kredit sebagai cara nyaman untuk berbelanja dan melacak pengeluaran mereka. Maka untuk pengguna kartu tipe ini, mereka bisa memilih kartu yang suku bunganya lebih tinggi dari kartu kredit lain, tetapi memiliki nilai tambah, seperti bebas biaya tahunan atau potongan harga, cash back dan reward saat melakukan pembelanjaan.

    Namun, cek dengan bank penerbit kapan bunga diperhitungkan. Apakah sejak tanggal transaksi atau sejak masa tenggang berakhir? Jika diperhitungkan sejak tanggal transaksi maka Anda tetap harus membayar bunga walau Anda membayar tagihan penuh tiap bulannya.

  • Apakah Anda terkadang/sering membayar tagihan dengan mencicil?

    Tidak sedikit juga konsumen yang tidak melunasi tagihan tiap bulannya dan membayar tagihan minimal selama beberapa bulan dan kemudian melunasinya saat memiliki uang cukup.

    Yang penting adalah jangan perlakukan kartu kredit sebagai sumber keuangan Anda. Kartu kredit adalah metode pembayaran yang memudahkan Anda bertransaksi.

    Kemudian pastikan Anda memiliki sumber dana untuk melunasi semua tagihan tersebut.

    Jika Anda menganggap kartu kredit sebagai sumber pendapatan tambahan dan Anda tidak punya pendapatan yang cukup atau tetap untuk melunasi tagihan – terutama yang dalam jumlah besar, maka kartu kredit bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Gunakan saja kartu debit yang bisa memudahkan transaksi, namun menggunakan dana yang Anda miliki sendiri.

    Namun, jika Anda memiliki sumber pendapatan tetap dan cukup, maka carilah kartu kredit dengan suku bunga paling rendah – walaupun tetap mengenakan biaya tahunan atau tidak memiliki banyak tawaran diskon atau cash back, suku bunga rendah menjadi faktor utamanya.

  • Apakah Anda membutuhkan kartu Gold atau Platinum? – Kartu gold dan platinum adalah kartu kredit premium yang menawarkan batas pagu kredit yang tinggi dan manfaat-manfaat eksklusif. Bank penerbit biasanya mngharuskan pemegang kartu gold dan platinum untuk memilik standar pendapatan dan kelayakan kredit yang tinggi. Kartunya memang terkadang menerapkan suku bunga yang lbih tinggi, jadi, jika manfaat-manfaat eksklusif yang ditawarkan sangat menarik bagi Anda, maka pastikan Anda membayar lunas semua tagihan Anda tiap bulannya untuk mengurangi biaya-biaya.

    Batas kredit yang lebih tinggi dan manfaat-manfaat tambahan yang eksklusif biasanya menarik bagi para pebisnis atau mereka yang sering bepergian. Beberapa layanan atau manfaat tambahan yang diberikan biasanya asuransi kecelakaan saat perjalanan, masa garansi produk yang lebih panjang, airport lounge, dll.

    Kartu platinum tentunya memiliki batas kredit yang lebih tinggi serta manfaat/layanan tambahan yang jauh lebih menarik. Biaya tahunannya pun lebih tinggi. Jadi, sebelum memutuskan mana kartu yang harus diambil, pertimbangkan dulu, manfaat tambahan mana yang benar-benar akan Anda gunakan – bisa jadi, apa yang ditawarkan di Platinum tidak pernah Anda butuhkan.

  • Apakah Kartu Kredit yang dikaitkan dengan Merek Atau Institusi Non Bank Tepat untuk Anda? – Saat ini banyak institusi yang menawarkan kartu kredit yang dikaitkan dengan brand atau institusi mereka. Jadi selain nama bank penerbit, ada nama institusi atau merek tertentu yang tertera dan hal ini juga berpengaruh pada manfaat yang diterima penerima kartu atau institusi tersebut.

    Kartu Co-branded – biasanya kartu ini diterutkan oleh maskapai penerbangan, pusat perbelanjaan, hypermarket, agen perjalanan, dll. Dengan kartu jenis ini, Anda biasanya bisa menikmati harga khusus dan mendapatkan poin-poin yang bisa digunakan untuk mendapat potongan harga atau bonus-bonus. Sering kali, kartu jenis ini tidak menerapkan biaya tahunan dan punya batas kredit yang lebih tinggi, namun ada juga yang memiliki biaya tahunan dan suku bunga lebih tinggi dari kartu kredit biasa. Jika Anda biasanya tidak membayar penuh tagihan, maka perhitungkan suku bunganya, dan apakah sebanding dengan manfaat/bonus-bonus yang Anda nikmati.

    Affinity cards – Kartu kredit ini biasanya diterbitkan oleh organisasi, seperti klub olah raga, asosiasi alumni, lembaga sosial atau institusi lain yang mendapatkan fee dari tiap transaksi. Lembaga penerbit biasanya memberikan bonus-bonus menarik, seperti hadiah eksklusif atau potongan harga.

  • Pilih dengan Bijak, Gunakan dengan Bijak

    “Pahami Diri Anda Sendiri” harus menjadi motto semua orang yang berbelanja dengan kartu kredit. Melakukan riset dan analisa tentang diri sendiri, terutama tentang kebutuhan kredit, kemampuan diri sendiri dan pola pembayaran tagihan, akan membantu Anda untuk menentukan kartu mana yang tepat untuk Anda.

    Namun, apapun kartu yang Anda pilih, gunakan kartu Anda dengan bijak, dan bayarkanlah tagihan Anda tepat waktu.

Advertisements

Silahkan tinggalkan pesan Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s